Pengaruh Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Pembentukan Iman dan Karakter Peserta Didik di Sma Negeri 1 Manokwari Papua Barat

Authors

  • Tyson Jeidi Jeri Supit Sekolah Tinggi Teologi Parakletos Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.69932/kardia.v1i2.15

Keywords:

pengaruh Guru PAK, Pembentukan Iman, Karakter, peserta didik

Abstract

Abstract: The problem in this study, according to the title, what can be questioned in this study is the extent to which the influence of Christian religious education teachers has on the formation of faith and character of students at State Senior High School I Manokwari, West Papua. The purpose of this research was conducted with the aim of measuring the extent of the influence of Christian religious education teachers on the formation of faith and character of high school students I Manokwari, West Papua. This research method was carried out by correlation research by taking samples through questionnaires. From the results that the authors obtained in a questionnaire survey of State Senior High School I Manokwari students, they recognized the influence of Christian Religious Education Teachers on the formation of Faith and Character, so as a percentage, there was a low influence of Christian Religious Education on faith formation of 0.238 ˃ 0.005. As for character, there is a low influence of Christian Religious Education on character formation of 0.281 ˃ 0.005. So it can be said that the influence of Christian Religious Education teachers is very useful and very influential for students to form faith and character.

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini, Sesuai judul, maka yang dapat dipertanyakan dalam penelitian ini adalah sejauh mana Pengaruh Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Iman dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri I manokwari Papua barat. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana PengaruhGuru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Iman dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas I Manokwari Papua barat. Metode penelitian ini dilakukan dengan penelitian Korelasi dengan pengambilan sampel melalui penyebaran angket. Dari hasil yang penulis dapatkan dalam survey angket terhadap Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri I Manokwari mengenal pengaruh Guru Pak terhadap pembentukan Iman dan Karakter maka secara presentase, Terdapat pengaruh yang rendah dari Pendidikan Agama Kristen terhadap pembentukan iman sebesar 0.238 ˃ 0.005. Sedangkan untuk karakter, Terdapat pengaruh yang rendah dari Pendidikan Agama Kristen terhadap pembentukankarakter sebesar 0.281 ˃ 0.005. Jadai dapat dikatakan bahwa pengaruh Guru Pendidikan Agama Kristen Itu sangat berguna dan sangat berpengaruh kepada siswa Untuk terbentuknya Iman dan Karakter

References

G.P, Harianto, 2014, Teologi PAK, Surabaya: Sekolah Tinggi Teologi Bethany

G.P, Harianto, 2012,Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini, Yogyakarta: Penerbit Andi

Bastian, Indra 2006, Akutansi Pendidikan, Jakarta: Erlangga

Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta

Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi Sebagai

Upaya Peningkatan Mutu dan Kualitas Guru Agama Kristen(Bandung: Bina Media Informasi, 2010),

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan nasional Pasal 3.

Saragih, ,A Hasan “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar,” Jurnal Tabularasa(2008)

Pridarta, Made Prof Dr. 2009. Landasan pendidikan : stimulasi ilmu pendidikan bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Suyanto,Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.(Jakarta :DIKTI,2010)

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2011)

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Implementasinya di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, (Depok : Arr-Ruzz Media, 2013)

Gultom, Rida & dkk, Pendidikan Agama Kristen Kepada Anak-Anak

Ahmadi, Abu. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta

Hasbullah. 2009. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Darmawanti, Mega. “Didik, Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Peserta.

Homrighausen, E G. Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia, 2005.

John M. Nainggolan. Guru Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2006.

Lahagu, Ardianto. “Menyikapi Tantangan Dan Harapan PAK Dalam Masyarakat Majemuk.” Real Didache 1, no. 2 (2016):

Didache, Real, “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Remaja Di Sekolah Menengah Pertama.” 2, no. 1 (2017):

Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Nusa Media, 2013.

Padang, Agus Kala’, and Ivan Thorstein Weismann. “Pengaruh Keteladanan Guru

Saragih, A Hasan. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa (2008).

Sardiman. “Doc 16.” In Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, 2007.

Simorangkir, Nisma, and Dosen STAKN Tarutung. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Melalui Proses Pembelajaran.” Jurnal Saintech (2013).

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2018).

Kountur,Ronny, Metode Penelitian (Jakarta: Penerbit PPM, 2004)

Sevilla. Consuelo G. Jesus A. Ochave. Twila G. Punsalan. Bella P. Regala dan Gabrie G. Uriarte, Pengantar Metode Penelitian (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1993

Widi,Restu Kartiko, Asas Metode Penelitian (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010).

Sasmoko, Metode Penelitian (Jakarta: UKI Pres, 2014)

Priyano,Dwi, Mandiri Belajar SPSS(Yogyakarta: MediaKom 2008

Masri,Singarimbun, Metode Penelitian Survei (Jakarta: LPS, 1995

Widjaya Mansoer,Faried, Metode Penelitian Bisinis (Jakarta: Universitas Terbuka, 2005)

Fo’arota,Telaumbanua,Pengelolahan Data Penelitian Perbandingan dan Hubungan (Jakarta: FKIP UKI, 2005

Widiyanto, Mika Agus. Statistic Terapan. SPSS.

Published

2023-08-31

How to Cite

Supit, T. J. J. (2023). Pengaruh Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Pembentukan Iman dan Karakter Peserta Didik di Sma Negeri 1 Manokwari Papua Barat. KARDIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.69932/kardia.v1i2.15